Pengabdian pada Masyarakat di Taeh Bukik Kabupaten Lima Puluh Kota

Tanjung Pati–Melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai dosen dalam menjalankan tridarma perguruan tinggi, salah satunya ialah dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat. pada semester ini, dosen Program Studi Budi Daya Tanaman Hortikultura dibagi menjadi beberapa kelompok, Satu kelompok di antaranya melaksanakan pengabdian masyarakat di Kanagarian Taeh Bukik Kabupaten Lima Puluh Kota.

Pengabdian masyarakat ini dibagi menjadi beberapa tahap. Tahap pertama yang dilaksanakan tanggal 26 Juni 2020, dengan mengadakan  pertemuan antara Tim dosen dari Hortikultura Politani Payakumbuh dengan pemuka masyarakat dan perwakilan masyarakat di kanagarian Taeh Bukik. Pada kesempatan ini juga di hadiri oleh Wali Nagari, Ketua Karang Taruna, Ketua PKK dan ketua Dasawisma masing-masing jorong di Kanagarian tersebut yang dilaksanakan di kantor wali nagari Taeh Bukik.

Pada sambutannya Wali Nagari menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Dosen dari Program Studi Hortikultura Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. ‘’Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak-bapak dan ibu-ibu dosen dari Politani Payakumbuh yang mau menyempatkan hadir untuk melakukan sosialisasi dan memberikan ilmu serta arahannya kepada masyarakat di Taeh Bukik’’ sambut wali nagari.

Ketua karang taruna Ritawati, M.P. juga menyampaikan bahwa untuk memotivasi masyarakat agar mau berpartisipasi untuk kegiatan ini maka akan diadakan juga lomba dalam menata pekarangan sekitar untuk dimanfaatkan dalam meningkatkan perekonomian keluarga, selain itu dalam lomba juga dinilai penataan tanaman di pekarangan tersebut. ibu ketua karang taruna juga menyampaikan bahwa tanaman yang akan ditanam adalah yang dibutuhkan untuk konsumsi sehari-hari dan masing-masing kelompok menanam tanaman yang berbeda, sehingga mutualisme dalam pemanfaatan tanaman yang berlebih dapat terjadi, jika masih ada produksi yang berlebih, tanaman juga dapat dijual ke pasar.

Pengabdian yang dilaksanakan di kanagarian Taeh Bukik ini mendapatkan respon positif dari semua pihak. Tim dari Politani akan mendukung semua kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat di kanagarian Taeh Bukik. Dalam hal ini Politani akan memberikan arahan dan bimbingan bagaimana teknik penanaman tanaman di pekarangan rumah masing-masing masyarakat.

Tanaman pekarangan harus memiliki estetika dalam penataan yang memperhatikan aspek keindahan dan variasi tanaman yang akan di budidayakan, selain itu juga diharapkan adanya kesinambungan agar kegiatan ini terus berlanjut dan tidak hanya terlaksana saat pengabdian saja. pada pekarangan ini dapat ditanam tanaman sayuran, tanaman hias, tanaman buah dalam pot (tabulampot) serta tanaman obat yang memungkinkan untuk ditanam di pekarangan apalagi saat pandemi covid-19 ini sangat dibutuhkan tanaman-tanaman yang meningkatkan daya tahan tubuh” tambahan dari tim Dosen Politani Payakumbuh”

Updated: November 18, 2020 — 9:06 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *